Forkopimda Prov Sumsel Bersama Kapolda Sumsel Gelar Apel Kehormatan Renungan Suci Sambut HUT RI ke 78 di TMP Ksatria Ksetra Siguntang

SUMATERA SELATAN, SS -Dalam rangka Memperingati HUT Kemerdekaan RI Ke-78 Tahun 2023  Kapolda Sumatera Selatan (Sumsel) Irjen Pol A.Rachmad Wibowo SIK bersama Forkompimda Provinsi Sumatera Selatan menghadiri Apel Kehormatan Renungan suci memperingati Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia yang bertempat di Taman Makam Pahlawan Ksatria Ksetra Siguntang Palembang dini hari Pukul 24.00 Wib  Rabu  (16/8/2023) Malam.

Kegiatan Apel Kehormatan dan Renungan Suci yang diadakan sebagai rangkaian peringatan HUT Hari Kemerdekaaan RI Ke-78 serta mengenang jasa jasa para pahlawan Nasional dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia.Kegiatan Apel Kehormatan dan Renungan Suci berlangsung dengan hidmat Dan khusyuk

Turut hadir dalam kegiatan apel kehormatan dan renungan suci tersebut, Kapolda Sumsel Irjen Pol. A Rachmad Wibowo, S.I.K Karolog Polda, Sumsel Kombes Pol. Budi Santosa,SIK,MSi,Dirsamapta Kombes Pol. Budi Mulyanto,SiK,MH, Dirpolairud Kombes Pol. Drs.Andreas Kusmaedi, M.M, Kabidkeu Polda Kombes Pol. Marsono,S.I.K Kabiddokkes Polda Sumsel Kombes Pol. dr. Syamsul Bahar;Ka SPKT Polda Sumsel AKBP. Gun Heriyadi,S.I.K;Dirtahti Polda Sumsel AKBP.M.Fijar Muslim,S.I.K Wadansatbrimob Polda Sumsel AKBP. Eko Sumaryanto,S.I.K,M.M Serta Perwakilan Pamen,Pama,dan Bintara Polri Polda Sumsel. 
 
Dari pantauan Awak Media turut hadir dari FKPD diantaranya Wakil Gubernur Sumsel H. Mawardi Yahya Ketua DPRD Prov.Sumsel Hj. R.A. Anita Noeringhati, S.HM.H Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi, S.I.P., M.B.A.M.Han.Kajati Sumsel . Sarjono Turin S.H,M.H Ketua Pengadilan Tinggi Palembang Dr. Moh. Eka Kartika EM., S.H., M.Hum Danrem 044/Gapo Brigjen TNI M. Naudi Nurdika, S.I.P., M.Si., M.Tr.(Han) Danlanal Palembang diwakili Palaksa Letkol Laut (P) Yusan Taufik; Dandim 0418/ Palembang Letkol Czi Arief Hidayat, M.Han; dan Perwakilan Personil TNI AD,AU,dan AL.

Kapolda Sumsel Irjen Pol A.Rachmad Wibowo SIK melalui Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Drs Supriadi MM  mengatakan, kegiatan Apel Kehormatan Dan Renungan Suci yang dilaksanakan adalah  rangkaian peringatan HUT Kemerdekaaan RI Ke-78 dengan tujuan  mengenang jasa-jasa sekaligus mendoakan  arwah para pahlawan Nasional dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia.

"Oleh sebab itu sebagai generasi penerus bangsa hendaknya kita menjaga kemerdekaan ini dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), mengisi kemerdekaan dengan belajar dan bekerja keras, melakukan hal-hal yang positif, dengan semangat persatuan dan kesatuan antar sesama anak bangsa, jangan mudah terpengaruh dan terpecah bela baik dari paham Radikalisme maupun Terorisme," ucapnya.

"Pemuda Indonesia harus mempunyai pendirian yang kokoh dan kuat yakni menjadikan Indonesia negara yang damai dan tentram demi terwujudnya masyarakat yang adil dan sejahtera,"tandasnya.

 Ia juga mengungkapkan bahwa,"Apel kehormatan dan renungan suci tidak hanya sekadar seremonial akan tetapi diharapkan dapat mengingatkan kembali akan jasa para pahlawan yang telah memperjuangkan bangsa dan negara ini.Tanggal 17 Agustus pukul 00.01, kita berikan penghormatan kepada para pahlawan kita di setiap penjuru nusantara baik di Kabupaten/kota, Provinsi bahkan ditingkat nasional," ungkap Kabid Humas Polda Sumsel .

Upacara penghormatan ini lanjut dia, sebagai bentuk ungkapan rasa syukur dan ucapan terima kasih kepada para pahlawan yang telah memperjuangkan bangsa ini.
 
"Kita mendoakan para pahlawan. Semoga para pahlawan mendapatkan tempat yang terbaik disisi Allah SWT. Ini sebagai ungkapan rasa terima kasih kita. Jadi penghormatan bukan karena pahlawan lebih tua dari kita tapi karena jasa - jasanya yang membuat kita seperti ini,"tutur Kabid.

Supriadi  dalam renungan sucinya menyampaikan salam dan rasa hormat bagi para pahlawan yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Ksatria Ksetra Siguntang.
 
"Kami yang hadir pada hari ini Kamis, 17 Agustus 2023 pukul 00.01 pada upacara memperingati akan jasa para pahlawan. Tentara Nasional Indonesia (TNI) / POLRI 1.456 orang, Pegawai Negeri Sipil 73 orang, Pejuang Rakyat 138 orang dan Pahlawan tak dikenal 43 orang, menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan," kata Alumni Akpol 91

Lebih lanjut Supriadi  berdoa kepada Allah SWT dengan harapan diberikan keberkahan dan keselamatan bagi bangsa, serta ampunan atas pengabdian pejuang, kebahagian negara dan bangsa.
 
"Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami pula dan jalan kebaktian yang saudara tempuh adalah jalan bagi kami juga. Kami berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Allah SWT serta mendapat tempat yang sewajarnya," pungkas Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Drs Supriadi MM.
 
(Andi) SS

Komentar