Presiden Jokowi Lantik 94 Perwira Remaja Lulusan AAL, 357 Akmil, 114 AAU Serta 268 Akpol di Istana Negara, Jakarta


JAKARTA, SS - Sebanyak 94 Perwira Remaja lulusan Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) Angkatan ke-68 resmi menyandang pangkat Letnan Dua TNI setelah mengikuti Upacara Prasetya Perwira TNI dan Pelantikan Perwira Polri tahun 2023. Upacara Prasetya Perwira TNI dan pelantikan Perwira Polri tahun 2023 dipimpin langsung oleh Inspektur Upacara Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) yang digelar di Istana Jakarta, Rabu (26/7/2023).

Upacara Prasetya Perwira TNI dan Pelantikan Perwira Polri tahun 2023 ini juga diikuti oleh 357 Perwira Remaja Akademi Militer (Akmil), 114 Perwira Remaja Akademi Angkatan Udara (AAU) terdiri dari 102 putra dan 12 putri serta 268 Perwira Remaja Akademi Kepolisian (Akpol) diantaranya 239 putra dan 29 putri.
 
Mengawali amanatnya, Presiden Jokowi memberikan ucapan selamat kepada seluruh perwira TNI dan Polri yang dilantik.

“Saya bangga melantik Saudara-saudari para perwira muda, para kesatria muda, yang berani, percaya diri, dan optimis, yang selalu siap mendedikasikan diri, yang menjadi pemersatu bangsa, serta bekerja dan mengabdi untuk kemajuan bangsa dan negara,” ujar Presiden.

Selanjutnya, Presiden mengucapkan terima kasih kepada para pimpinan TNI dan Polri serta para pendidik, pelatih, dan pengasuh jajaran akademi TNI dan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan (Lemdiklat) Polri atas dedikasinya dalam mendidik para perwira TNI-Polri yang perkasa, pemberani, dan berkarakter.

“Kepada para orang tua yang hadir di sini, saya ikut berbahagia sebagaimana yang Bapak-Ibu semua rasakan. Saya ikut bangga terhadap prestasi putra-putri Bapak-Ibu, mereka bukan hanya kebanggaan Bapak-Ibu sekalian, mereka adalah juga kebanggaan bangsa Indonesia,” tandasnya.

Hadir dalam pelaksanaan upacara Prasetya Perwira TNI dan Pelantikan Perwira Polri diantaranya Menteri Pertahanan Republik Indonesia Letjen TNI (Purn) Prabowo Subiyanto, Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono didampingi Ny. Vero Yudo Margono para Kepala Staf Angkatan beserta istri, Para Gubernur Akademi TNI beserta istri dan Kalemdiklat Polri beserta istri serta undangan lainnya.

Sementara itu setelah rangkaian  upacara Prasetya Perwira TNI dan Pelantikan Polri dilaksanakan yel-yel oleh tiap tiap Akademi TNI dan Polri, nampak dari para Perwira Remaja begitu semangat dan energik dalam melaksanakan yel-yelnya, namun suasana tampak lebih gegap gempita setelah pelaksanaan yel yelnya dilaksanakan secara bersama sama antara Akademi TNI dan Akademi Kepolisian.
 
(Dodo) SS

Komentar