Danlantamal XII Laksma TNI Suharto Sebagai Narasumber Pada Seminar Nasional FKIP Universitas Tanjungpura 2022

KALIMANTAN BARAT, SS - Komandan Lantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto, hadir sebagai Narasumber pada Seminar Nasional FKIP Universitas Tanjungpura 2022 dengan Tema "Multikultural, Interkultural dan Inovasi dalam Pendidikan di Era Smart Society 5.0" yang dihadiri sekitar 100 orang peserta bertempat di Hotel Orchardz, Jalan Perdana, Kota Pontianak,Kalimantan Barat, pada Sabtu (17/9/2022).

Dalam Keterangannya kadispenal Tni AL Laksma TNI julius widjojono mengatakan bahwa,”Seminar pendidikan nasional yang diselenggarakan FKIP Universitas Tanjungpura ini bertujuan untuk menyiapkan tenaga pendidik menjadi guru ataupun dosen yang profesional sehingga mereka mempunyai wawasan terkait apa yang harus mereka siapkan jika mereka menjadi guru maka dilatih untuk mengetahui persiapan - persiapannya. Selain itu mereka disiapkan untuk terampil dan berani berbicara depan umum,” katanya (18/09/2022).

Lanjutnya,”Pada seminar kali ini mereka para dosen maupun guru akan menyampaikan makalah yang sudah mereka hasilkan. Dosen yang telah menyelesaikan S2 dan menjadi peserta di seminar ini, diarahkan untuk mengangkat penelitian sesuai dengan yang ada di jurusan mereka. Itu disesuaikan dengan kompentensi mereka sendiri,” terang Kadispenal.

“Kegiatan ini rutin dilakukan,” sambungnya,” Sebelumnya dilakukan konferensi nasional namun ini dikemas dalam seminar yang topiknya agak berbeda untuk mengangkat kasus atau isu yang ada di lapangan. Terkait dengan bonus demografi peran guru memang sangat tinggi dan penting sehingga bisa menyiapkan generasi kedepan dan mengetahui apa yang harus dipersiapkan.”

“Terkait dengan revolusi industri 5.0 sekarang  siap tidak siap harus siap untuk mengikuti perubahan apapun yang harus dilakukan. Lembaga FKIP Untan sudah menyiapkan bagaimana nanti menyiapkan para mahasiswa mulai dari materi, media pembelajaran, mendesain pembelajaran,” pungkas kadispenal Tni AL Laksma TNI julius widjojono di Jakarta.

Narasumber dalam Seminar Nasional FKIP Universitas Tanjungpura yakni Danlantamal XII Laksma TNI Suharto, dengan materi bidang pertahanan, Rektor Untan diwakilkan Wakil Rektor 1 Bagian Akademik Dr. Ir. Radian, Dekan FKIP Untan Prof. Dr. H. Martono, Guru Besar Sosiologi FKIB Untan Prof. Dr. Yohanes Bahri, Direktur Academia BAI Angola, Dr. Carla Queiroz (Virtual) dan Amasya University Turkey, Dr. Mehmet Filliz (Virtual).

Sambutan sekaligus membuka acara Seminar Nasional FKIP Universitas Tanjungpura 2022 oleh Wakil Rektor 1 Bagian Akademik Untan menyatakan, "Banyak tantangan dan perubahan yang harus dilakukan di era society 5.0 ini. Termasuk yang harus dilakukan oleh satuan pendidikan sebagai gerbang utama dalam mempersiapkan SDM unggul.Era super smart society (society 5.0) sendiri diperkenalkan oleh Pemerintah Jepang pada tahun 201, yang dibuat sebagai antisipasi dari gejolak disrupsi akibat revolusi industri 4.0, yang menyebabkan ketidakpastian yang kompleks dan ambigu (VUCA). Dikhawatirkan invansi tersebut dapat menggerus nilai-nilai karakter kemanusiaan yang dipertahankan selama ini," kata Dr. Ir. Radian (17/09/2022).

"Dalam menghadapi era society 5.0, dunia pendidikan berperan penting dalam meningkatkan kualitas SDM. Selain pendidikan beberapa elemen dan pemangku kepentingan seperti pemerintah, Organisasi Masyarakat (Ormas) dan seluruh masyarakat juga turut andil dalam menyambut era society 5.0 mendatang. Untuk menghadapi era society 5.0 ini satuan pendidikan pun dibutuhkan adanya perubahan paradigma pendidikan, diantaranya pendidik meminimalkan peran sebagai learning material provider, pendidik menjadi penginspirasi bagi tumbuhnya kreativitas peserta didik. Pendidik berperan sebagai fasilitator, tutor, penginspirasi dan pembelajar sejati yang memotivasi peserta didik untuk Merdeka Belajar. Merdeka belajar akan menciptakan pendidikan berkualitas bagi seluruh rakyat Indonesia," jelasnya.
 

Setelah acara dibuka dilanjutkan dengan foto bersama, pembacaan doa, setelah dilanjutkan  dengan acara inti. 

Pemaparan materi bidang Pertahanan oleh Danlantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto, kemudian dilanjukan Pemaparan materi bidang Tantangan Pendidikan Dalam Merawat  Keberagaman dan

(Pensa) SS

Komentar

POSTINGAN POPULER

Tingkatkan Kesadaran Hukum Bagi Para Prajurit, Korem 061/Sk Gelar Penyuluhan Hukum di Kota Bogor

Kadiv Hubinter Pimpin Upacara Penutupan Pembaretan Kontingen Satgas Garuda Bhayangkara FPU 4 MINUSCA di Camp Puncak Gunung Halimun

Kunjungi Kodim 0302/Inhu, Kapolda Riau Irjen Iqbal : Jaga Dan Tingkatkan Sinergitas Soliditas TNI - Polri Untuk Masyarakat

Maybank Marathon Bali 2022, Pratu Welman Pasaribu Raih Juara III di Even Lomba Lari Internasional