Program 'Sapa Masyarakat' Digelar Satlantas Polresta Bogor Kota Dengan Pemeriksaan Kendaraan Secara Gratis


BOGOR KOTA, SS - Satuan Lalu lintas Polresta Bogor Kota melaksanakan program sapa masyarakat yang digagas oleh Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro.

Sapa masyarakat tersebut dilaksanakan Satlantas Polresta Bogor Kota dengan melakukan pengecekan ramcek atau pemeriksaan kendaraan gratis kepada angkutan umum yang beroprasi di wilayah Kota Bogor.

Kegiatan pemeriksaan ramcek tersebut dilaksanakan di depan dealer mobil di Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Selasa (26/7/2022).

Dalam kegiatan tersebut beberapa unit angkutan kota berhasil terjaring dan dilakukan pemeriksaan oleh mekanik dari bengkel resmi yang bersertifikasi.

Kasat Lantas Polresta Bogor Kota Komisaris polisi (Kompol) Galih Apria mengatakan kegiatan tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kota Bogor dan beberapa bengkel.

"Harapanya adalah untuk mengurangi dan menghindari potensi-potensi kebakaran ulang yang terjadi kepada angkot beberapa hari yang lalu. Ternyata kami lihat juga dibeberapa lokasi lain juga terjadi kebakaran serupa," ujarnya.

Komponen kendaraan yang diperiksa diantaranya adalah bagian mesin yang berada di kabin penumpang dan kabin sopir.

Selain itu mekanik juga melakukan pemeriksaan terhadap komponen kelistrikan kendaraan.

Dari hasil pemeriksaan ditemukan adanya beberapa mesin angkutan kota yang mengalami kebocoran oli.

"Tadi dari bengkel sudah menyampaikan bahwa ada beberapa hal yang berpotensi menyebabkan kebakaran tersebut salah satunya adalah kelistrikan ataupun kebocoran oli dan jarang di service," ujarnya.

Untuk itu pihaknya pun tadi memberikan rekomendasi kepada sopir angkutan kota untuk merapihkan komponen kabel untuk mencegah adanya arus pendek listrik.

Pada kesempatan itu petugas juga memberikan bantuan multyvitamin untuk mendukung profesi sopir angkutam kota.

"Kami juga mengimbau kepada sopir angkot khususnya trayek di Kota Bogor agar terus mengecek, care terhadap angkotnya. Sehingga bukan saja kepentingan keselamatan diri sendiri tapi juga kepentingan penumpang lainya," katanya.

(Dede) SS

Komentar