DPP KNPI Gelar Kuliah Kebangsaan Dan Launching Gerakan Pencasila Membangun Peradaban Dunia


JAKARTA, SS - Dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila pada 1 Juni, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI), Ilyas Indra, gelar kuliah kebangsaan Pemuda Indonesia sekaligus launching Gerakan Pancasila Membangun Peradaban Dunia, di Graha Assuryaniyah, Tebet, Jakarta Selatan, Senin (6/6/2022).
 
Mengambil tema "Investor of Change Pemuda Indonesia, Pemuda Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia", Ilyas mennyebutkan gagasan Investor of Change yang digagas oleh DPP KNPI periode 2021-2024 dengan Ketua Majelis Pemuda Indonesia (MPI), Fahd A Rafiq, linear dengan konsep dan nilai-nilai Pancasila.

"Investor Of Change tentu sangat sesuai dan satu visi dalam proses Pancasila sebagai upaya membangun peradaban dunia," ujarnya di hadapan puluhan peserta. 

Ia mengatakan gagasan Investor of Change adalah bentuk orasi motivasi untuk mengubah keadaan Indonesia menuju Indonesia Emas tahun 2045. 

"Kenapa investor of change?. Pemuda adalah pemilik perubahan, bukan agen perubahan. Karena pemuda di tahun 2045 akan menjadi pemimpin Indonesia saat Indonesia 100 tahun. Karakter investor of change akan menjadikan pemuda tangguh secara sumber daya manusia. Karakter of change menciptkan leader yang tangguh," jelas Ilyas. 

Menurut Ilyas, pemuda harus terus menjadi investor of change dan pemuda harus mengubah mindset dari agen perubahan menjadi pemilik perubahan. 

"Pemilik perubahan berbeda dengan agent perubahan. Pemilik perubahan berarti pemuda harus mempersiapkan diri untuk menjadi lokomotif perubahan. Upaya mempersiapkan diri ini lah yang kita beri nama gagasan Investor of Change. Jika Investor of Change sudah dimiliki pemuda, nanti akan dapat menjadikan Pancasila membangun peradaban dunia sesuai dengan tema Hari Lahir Pancasila tahun 2022 ini," kata Ilyas. 

Acara kuliah kebangsaan menghadirkan narasumber Pilar Saga Ichsan (Ketua Umum DPP Mahasiswa Pancasila), Suherman (Sekjen Ikatan Alumni Universitas Negeri Jakarta), dan Djafar Ngabalin (Ketua Penggerakan Peradaban Pancasila).
 
Disela-sela kegiatan juga dilakukan launching Gerakan Pancasila Membangun Peradaban Dunia yang ditandai dengan penandatangan piagam oleh Ketua Umum DPP KNPI, Ketua Umum DPP Mahasiswa Pancasila (Mapancas), Sekjen Ikatan Alumni Universitas Negeri Jakarta, dan Ketua Penggerakan Peradaban Pancasila. 

Diakhir acara, para narasumber diberikan buku Gagasan Investor Of Change karya Ketua Umum DPP KNPI, Dr. Ilyas Indra, yang berisi tentang rancangan dalam membentuk Investor of Change pemuda Indonesia. 

(Zakiyah) SS

Komentar

POSTINGAN POPULER

DR Tri Hayati Saksi Ahli Tegaskan SK Pencabutan Izin Usaha PT Pulomas Sentosa Cacat Yurisdis Dan Subtansi

Tingkatkan Kesadaran Hukum Bagi Para Prajurit, Korem 061/Sk Gelar Penyuluhan Hukum di Kota Bogor

Diduga Berkaitan Dengan Pencabulan Terhadap Penyandang Disabilitas Wartawan Rakyat Merdeka News Dikeroyok

Dua Karung Miras Berhasil Diamankan Satgas Pamtas RI-Malaysia di Jalur Tak Resmi, Kapuas Hulu