Walikota Medan : 'Pemimpin Harus Jadi Gerbong Terdepan Dalam Pengembangan Wilayah Menuju Kejayaan'

NAMU SIRA-SIRA, SS -  Peran pemimpin sangat besar pengaruhnya dalam pengembangan wilayah , pemimpin yang baik memiliki karakter dan kemampuan serta menjadi gerbong terdepan dalam membangun  suatu wilayah menuju kejayaan, (20/05/2022).

Hal ini disampaikan Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution didampingi Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardin, saat tampil sebagai narasumber dalam Apel Dansat Tersebar Kodam I/BB TA 2022 di Aula Sahlan Siregar, Makoyonif Raider 100/PS, Namu Sira- Sira, Langkat, Kamis (19/5/2022).

Menurut Walikota Medan, Khusus dalam dunia kemiliteran, kepemimpinan bisa dilihat dari minimal dua aspek, yaitu kepemimpinan berdasarkan jenjang kepangkatan dan kepemimpinan yang sesungguhnya ketika berada dalam situasi kesulitan di lapangan.

"Kepemimpinan berdasarkan kepangkatan biasanya bersifat instruktif bahkan terkadang bisa menjadi koersif. Namun, kepemimpinan di lapangan biasanya berdasarkan bersifat persuasif dan partisipatif serta berdasarkan kedekatan sosiologis maupun Spiritual," katanya.

Dikatakan Walikota bahwa dalam kepemimpinan ada hal penting tentang bagaimana cara meraih keberhasilan dan kepercayaan, yang bukan didapat melalui instruksi, namun melalui partisipasi aktif.

"Artinya bahwa yang diutamakan  manajemen organisasi dan kaderisasi kepemimpinan adalah capacity building para pesertanya, bukan perintah dan instruksi yang menandakan adanya sistem hierarki dalam suatu struktur kelembagaan," pungkas 
Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution.

Turut hadir Kasdam, Irdam, Kapoksahli, para Asisten Kasdam, Danrindam, Asrendam, para Kabalak, para Danrem, LO TNI AL, LO TNI AU serta para Dansat Jajaran Kodam I/BB.

(Idam) SS


Komentar