Destinasi Curug CiherangTetap Menjadi Lokasi Favorit Para Wisatawan Domestik Dan Mancanegara


BOGOR, SS - Curug Ciherang merupakan salah satu air terjun di Kawasan Wisata Puncak Dua Jonggol, tepatnya berlokasi di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur,  Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, (16/05/2022).

Kata curug berasal dari bahasa Sunda yang berarti air terjun. Sedangkan ciherang berarti air murni. Jadi, Curug Ciherang dapat diartikan sebagai "Air Terjun Yang Murni".

Akses menuju Curug Ciherang dapat melalui beberapa rute. Pertama, dari Cianjur dapat melalui Jalan Hanjawar Cipanas-Batulawang-Hutan Cipamingkis Jonggol sejauh 17 km.Dari Cibinong atau Citeureup dapat melewati Sentul City-Babakan madang-Sukamakmur (40km). Dari Cibubur, Depok atau Bekasi dapat melewati Jalan Transyogi Jonggol-Dayeuh-Sukamakmur (50km). Lokasi Curug ini berada di ketinggian 1100 m di atas permukaan laut.

Berdasarkan pantauan dan keterangan yang di himpun Awak Media di lokasi, Curug ini memiliki tiga tingkatan di mana terdapat pepohonan dan tanaman di sisinya. Curug ini memiliki ketinggian 30 meter. Wisata ini memiliki sarana dan fasilitas rumah pohon, kapal gantung, kolam renang, air terjun, dan jembatan gantung. Di sekitar Curug juga terdapat Vila yang dapat disewa pengunjung untuk beristirahat

"Panorama yang indah yang terkenal sejuk dan masih banyak alam hijaunya, sehingga cocok untuk liburan atau rekreasi bersama teman, bahkan keluarga tercinta," kata Arto, satu penjaga yang telah bekerja selama berpuluh tahun dilokasi Wisata Curug Ciherang, pada Awak Media Senin, (16/05/2022).

"Selain perbukitan dan pemandangan hijau," sambung Arto, "Kota Hujan ini juga memiliki beberapa Wisata Air Terjun, salah satunya seperti Curug Ciherang ini yang berada di lokasi Sirnajaya, Wargajaya, Sukamakmur, Bogor, Jawa Barat."

"Sementara untuk jam operasional dibuka setiap hari mulai pukul 07.00-18.00 Wib dengan harga tiket masuk 40 ribuan per orang,"imbuhnya.

Menurut Arto, Kawasan Wisata Puncak telah banyak memberikan sumbangsih selain keindahan panorama yang di kemas dengan berbagai cerita menarik di dalamnya serta berbagai tempat rekreasi yang di bangun sebagai wahana pariwisata alami beredukasi termasuk menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebagai penambah kekayaan bersih.

"Kota Hujan ini menyumbang banyak cerita tentang keindahan dan kesejukannya. Wisata Curug Ciherang, Villa Kayangan, Curug Cipamingkis dan Curug Arya yang terbaru, disebut-sebut sebagai destinasi wisata edukasi yang di dalamnya juga terdapat banyak wisata rekreasi dan wahana yang dapat dikunjungi," ungkapnya.

Sedangkan Curug Ciherang sendiri, menurut Arto selain menyuguhkan panorama air terjun dan panorama hijau, juga memiliki beberapa fasilitas lain yang bisa digunakan pengunjung.

"Curug Ciherang memiliki sejumlah fasilitas dan wahana menarik, tentunya ada banyak aktivitas seru yang bisa pengunjung lakukan di Curug Ciherang. Selain menikmati panorama air terjun, pengunjung bisa bermain air, hingga berendam menikmati kesegaran air terjun. Namun, pengunjung harus hati-hati karena banyak bebatuan licin," tutur lelaki paruh baya tersebut. 

Lanjutnya, "Curug Ciherang memiliki beberapa spot khusus selfie, mulai dari spot rumah kastil, sangkar burung, perahu di atas kolam renang, ayunan, dan lainnya. semua spot foto secara gratis, kecuali kalau pengunjung ingin berfoto dengan menyewa hanbok," terang seraya menunjuk ke lokasi yang di maksud.

Mengenai wisata kolam renang Ia mengatakan,"Pengunjung bisa berenang di kolam renang yang letaknya dekat dengan air terjun. Kolam renang di tempat ini cocok untuk anak-anak. Bisa berenang sambil melihat pemandangan yang indah," pungkas Arto dengan berjalan seraya menunjukan lokasi kolam reang berada serta menutup pembicaraan. 

Sementara salah satu pengunjung di lokasi, Ahmad saat di jumpai Awak Media mengatakan bahwa,"Daya tarik utama Curug Ciherang adalah air terjun bertingkat tiga. Airnya segar, jernih, dan dikelilingi pepohonan hijau. Di masing-masing tingkat air terjun menjadi spot foto favorit wisatawan," katanya.

"Curug Ciherang, lingkungannya masih asri dan udaranya sejuk, karena berada di ketinggian. Daya tarik lain Curug Ciherang adalah cocok untuk segala usia. Wisata air terjun ini memiliki magnet tersendiri, terutama bagi anak muda," jelas Ahmad menambahkan.

Sebagaimana di ketahui bahwa pada tahun 2016, lokasi Wisata Curug Ciherang telah dinobatkan sebagai salah satu primadona wisata alami di Wilayah Bogor.

(Sobari/Red) SS

Komentar

POSTINGAN POPULER

DR Tri Hayati Saksi Ahli Tegaskan SK Pencabutan Izin Usaha PT Pulomas Sentosa Cacat Yurisdis Dan Subtansi

Tingkatkan Kesadaran Hukum Bagi Para Prajurit, Korem 061/Sk Gelar Penyuluhan Hukum di Kota Bogor

Diduga Berkaitan Dengan Pencabulan Terhadap Penyandang Disabilitas Wartawan Rakyat Merdeka News Dikeroyok

Dua Karung Miras Berhasil Diamankan Satgas Pamtas RI-Malaysia di Jalur Tak Resmi, Kapuas Hulu