Antisipasi Ancaman Cyber, Brigjen TNI Iroth Sonny Edhie Gandeng SMSI Siapkan Design Konsep Preventive

JAKARTA, SS- Rencana panjang Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) yang telah ditetapkan dalam roadmap-nya untuk lima tahun ke depan adalah mendesain bermedia siber di masa mendatang. Mendesain masa depan jauh jauh lebih maju dari pada sekadar mengantisipasi dan beradaptasi yang hanya akan menghasilkan manusia dan produknya menjadi pengekor. 

Demikian pendapat yang mengemuka dalam acara refleksi syukuran penerimaan penghargaaan Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) yang diterima Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) di Hotel Jayakarta, Jalan Hayam Wuruk, Jakarta, Selasa, pada 23 Maret, 2022. 

Dalam refleksi syukuran tersebut menampilkan pembicara Komandan Pusat Sandi dan Siber TNI Angkatan Darat Brigjen TNI Iroth Sonny Edhie. 

Dalam penyampaiannya Brigjen TNI Iroth Sonny Edhie menegaskan terkait penting peranan Media dalam hal ini SMSI untuk menghadapi perang informasi yang saat ini menjadi Tranding Topik di dunia Internasional, berkaitan dengan Perang Rysia dan Ukrainan yang secara tidak langsung membuka seluruh mata para pemerhati Pertahanan dan Keamanan dalam bentuk pertempuran di Era Globalisasi dan Digitalisasi saat ini.

"Kita menghadapi Perang Mindset atau Perang Informasi atau saya sebut juga Perang Media , sehingga peran Media ini menjadi sangat penting dalam menghadapi ancaman Cyber ini dalam rangka tetap utuhnya NKRI," tegasnya.

Iroth berpendapat, apa yang telah dikerjasamakan antara TNI Angkatan Darat dan SMSI merupakan langkah yang tepat.  Dalam menghadapi ancaman sekarang ini, diperlukan strategi yang tepat, merancang perang yang dapat mempengaruhi mindset, perang siber, perang jaringan demi tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

"Dalam menjaga kedaulatan Negara, nanti kita akan membuat Design bagaimana menghadapi ancaman Cyber ini. Dimana saat ini kami sebagai dan berkapasitas sebagai Komandan Pusat Sandi dan Cyber Negara Angkatan Darat sedang menDesign bagaimana konsep Angkatan Darat dalam menghadapi ancaman Cyber ini,"pungkas Brigjend Iroth Sonny Eddie, Komandan Pusat Sandi dan Siber TNI - AD mewakili Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, SE, MM.

Brigjend Yudha Medy Dharma Zafrul, Irwan Awaluddin SH, Brigjend Iroth Sonny Eddie

Komandan Pusat Sandi dan Siber TNI Angkatan Darat Brigjen TNI Iroth Sonny Edhie menyampaikan ucapan selamat atas perolehan penghargaan MURI yang diterima SMSI. 

Brigjen Iroth juga menyampaikan apresiasi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, SE, MM terhadap penghargaan MURI untuk SMSI. 

Hadir dalam acara tersebut seluruh jajaran DPP SMSI, SMSI Tangerang Selatan, SMSI Bekasi Raya, Budiman Sudjatmiko, KASAD yang di wakili oleh Brigjend Iroth Sonny Eddie, Komandan Pusat Sandi dan Siber TNI - AD didampingi oleh Brigjend Yudha Medy Dharma Zafrul, Waasintel KSAD Bidang Bin Intel yang hadir mewakili Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal Dudung Abdurachman, SE, MM. 

(Joggie) SS

Komentar

POSTINGAN POPULER

DR Tri Hayati Saksi Ahli Tegaskan SK Pencabutan Izin Usaha PT Pulomas Sentosa Cacat Yurisdis Dan Subtansi

Tingkatkan Kesadaran Hukum Bagi Para Prajurit, Korem 061/Sk Gelar Penyuluhan Hukum di Kota Bogor

Diduga Berkaitan Dengan Pencabulan Terhadap Penyandang Disabilitas Wartawan Rakyat Merdeka News Dikeroyok

Dua Karung Miras Berhasil Diamankan Satgas Pamtas RI-Malaysia di Jalur Tak Resmi, Kapuas Hulu