Studi Tiru Pembangunan Zona Integritas, Lapas Kelas IIA Tangerang Sambangi Lapas Pemuda Tangerang


TANGERANG, SS - Pada Tahun 2021 Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang berhasil mendapatkan Predikat Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK). Kali ini Lapas Pemuda Tangerang mendapatkan kunjungan dari Lapas Kelas IIA Tangerang. 

Kunjungan ini dalam rangka Studi Tiru Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Yekti Apriyanti selaku Kepala Lapas Kelas IIA Tangerang dan jajaran disambut langsung oleh Kepala Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang, Kadek Anton Budiharta. Senin (03/02/2022).

Kepala Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang mengajak rombongan berkeliling melihat Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang lebih dekat. Dimulai dari meninjau layanan dan inovasi di Posyandu Publik yang menjadi sentra layanan Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang dalam melayani masyarakat.
 
Beragam layanan dijelaskan Kepala Lapas Pemuda Kelas IIA Tangerang mulai dari Pendaftaran Kunjungan Online, Alur Kunjungan, Ruang Yankomas, Pemeriksaan Barang, Bank Jempol, Pendaftaran Kunjungan Tahanan yang bekerjasama dengan Kejaksaan Tangerang dan Aplikasi Sistem Informasi Lapas Pemuda (Silada).

Selanjutnya, rombongan diarahkan menuju Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE). Disana para tamu menengok kegiatan asimilasi bagi warga binaan, diantaranya perkebunan cesin dan terong, peternakan ayam petelur, taman bunga, serta kolam ikan lele dan nila.

"Masuk ke dalam Lapas, studi tiru dilanjutkan dengan berkeliling melihat layanan yang diberikan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan yang ada didalam Posyandu Warna meliputi layanan kesehatan, layanan pengaduan, layanan integrasi dan remisi, serta layanan informasi. Kemudian dilanjutkan dengan meninjau bale baca, bale informasi, bale seni, dan bale kongkow," kata Kadek Anton Budiharta.

Selain itu, rombongan juga menengok Kampus Kehidupan yang terdiri dari Fakultas Agama Islam, Fakultas Hukum, Fakultas Theologi, dan Fakulitas Ilmu Agama Budha. Kunjungan berlanjut ke area Kegiatan Kerja, dengan melihat pembinaan kemandirian yang diberikan kepada warga binaan seperti bordir, melukis, loundry, konveksi, dan juga pengelasan dan pertukangan.

Kegiatan berakhir di bale kongkow untuk ramah tamah sembari menikmati kopi yang dibuat oleh barista Jape Coffe.

(Red) SS

Komentar

POSTINGAN POPULER

DR Tri Hayati Saksi Ahli Tegaskan SK Pencabutan Izin Usaha PT Pulomas Sentosa Cacat Yurisdis Dan Subtansi

Tingkatkan Kesadaran Hukum Bagi Para Prajurit, Korem 061/Sk Gelar Penyuluhan Hukum di Kota Bogor

Diduga Berkaitan Dengan Pencabulan Terhadap Penyandang Disabilitas Wartawan Rakyat Merdeka News Dikeroyok

Dua Karung Miras Berhasil Diamankan Satgas Pamtas RI-Malaysia di Jalur Tak Resmi, Kapuas Hulu