TNI AL Koarmada I Gelar Geladi Pam VVIP Matra Laut Antisipasi Kontijensi


JAKARTA, SS - Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada I, menggelar Geladi Pengamanan VVIP dan Pengamanan Laut dalam rangka Upacara Peringatan HUT ke-76 Kemerdekaan RI di Dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (16/8/2021).

Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I), Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., mengatakan bahwa Koarmada I sebagai bagian integral dari TNI melaksanakan tugas TNI matra laut dalam rangka operasi militer untuk perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP). Dan melaksanakan operasi pengamanan VVIP merupakan salah satu tugas operasi militer selain perang.
 
“Dalam rangka upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI, saya telah memerintahkan Komandan Gugus Tempur Laut (Danguspurla) Koarmada I untuk menggelar Geladi Pengamanan VVIP dan Pengamanan Laut di Pelabuhan Tanjung Priok dan Teluk Jakarta,” ucap Pangkoarmada I.

Lebih lanjut dikatakan Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah bahwa,"Operasi pengamanan VVIP ini dilaksanakan sebagai langkah preventif antisipasi terhadap kemungkinan perkembangan situasi yang tidak diinginkan,"tandasnya.


Sementara itu, Danguspurla Koarmada I yang diwakili Kepala Staf Guspurla Koarmada I mengatakan bahwa,"Koarmada l menyiapkan 4 KRI, 1 KAL, 1 Helly dan 2 Sea Rider, 2 Tim Pasukan Khusus TNI AL, 1 Tim Penyelam Dislambair, 2 Tim Pomal dan 1 Tim Kesehatan dilibatkan dalam operasi yang digelar sejak tanggal 12 sampai dengan 17 Agustus 2021 di Perairan Teluk Jakarta dan Banten," paparnya.

"Pengamanan VVIP ini terintegrasi dengan satuan TNI lainnya antara lain Bais TNI, Paspampres, Kohanudnas, Kodam Jaya dan Koopsau sesuai lingkup tugas masing-masing institusi," pungkas Kepala Staf Guspurla Koarmada I.

(Eva) SS

Komentar

POSTINGAN POPULER

DR Tri Hayati Saksi Ahli Tegaskan SK Pencabutan Izin Usaha PT Pulomas Sentosa Cacat Yurisdis Dan Subtansi

Tingkatkan Kesadaran Hukum Bagi Para Prajurit, Korem 061/Sk Gelar Penyuluhan Hukum di Kota Bogor

Kepsek SDN Jambu Kerap Kali Ajukan Bantuan Perbaikan Sekolah Tak Direspon Pemkab Serang, Ada Apa?

Di HUT PDIP 10 Januari 2023, Noel Ketum GP Mania Yakin Megawati Soekarnoputri Akan Deklarasi Dukung Ganjar