Diduga Kangkangi UMK dan PKWT, PT.Jujur Kemasindo Persada Didemo Karyawannya Sendiri



KOTA TANGGERANG, SS - Aksi demo buruh terjadi lagi di PT. Jujur Kemasindo Persada yang berlokasi di Jln. Pembangunan 1, No. 8, kelurahan Batusari Timur, Kecamatan Batu Ceper, kota Tangerang, pada (15/07/202).

Ketua PUK Harudin menerangkan kepada awak media bahwa,"Aksi demo yang berlangsung sudah 3 (tiga0 hari belum ada titik terang dan belum ada kesepakatan oleh pihak perusahaan," ungkapnya.

Sementara KSPSI 1973,Kusna Ariyadi Putra memaparkan,"Oleh karna itu," kata Kusno,"Aksi demo ini untuk mengajukan tuntutan kami sebagai berikut :  Berdasarkan PP. No. 35 bahwa kontrak kerja dan upah tahun 2021 harus dilaksanakan sedangkan perusahaan diduga menyalahi aturan normatif...upah UMK  yang berjalan di perusahaan tersebut masih dibawah UMK sebesar 2,5jt perbulan.. kemudian PKWT yang berjalan diperusahaan tersebut yang semestinya Per 3/6/bulan sampai dengan 1 tahun justru menurun menjadi PKWT perminggu sekali, bahkan ada yang sampai 80 % kontrak kerja... sungguh terluka nasib buruh sampai detik ini," Paparnya..

Lebih lanjut kusna ariyadi putra mengatakan," Aksi ini disebabkan juga karena tenaga PKWT menjadi tenaga borongan.Dari jumlah tenaga tenaga kerja 57 orang di perusahaan tersebut," sambungnya,

"Kemudian dari jumlah tenaga kerja tersebut belum di ikuti sertakan peserta BPJS ketenaga kerjaan
dan diduga perusahaan tersebut tidak terdaftar komudity dan hasil produksi karyawannya ke Dinas terkait," imbuhnya.

Bersamaan dengan itu, Ketua.bidang keorganisasia.dan keangotaan KSSPI pun turut berkomentar, bahwa, "Saat di tanya oleh kami Pihak Managemen Perusahaan, apa Sudah di Sampaikan ke Disnaker Kota Tangerang dan BPJS Tenaga kerja? beliau menyampaikan agar di tanyakan saja ke pihak tersebut silakan di cek, begitu katanya," tandas Robert Suricho.

Kemudian Awak Mediapun menyambangi Perusahaan tersebut untuk mengkonfirmasi terkait persoalan tersebut, namun sayangnya , tak satupun di Perusahaan tersebut yang dapat memberikan penjelasan.

Menurut Pak Sandi kepala gudang dari PT. Jujur Kemasindo bahwa dari pihak menajemen tidak bisa menemui karena keadaan sakit, dan diliburkan  sudah 3 (tiga) hari.

"Pihak Managemen sakit pak, ini sudah tiga hari diliburkan," ujarnya pada Awak Media.

Meski demikian Sardi akan berusaha menyampaikan ke Pihak Management Perusahaan perihal kedatangan Awak Media untuk mengkonfirmasi terkait permasalahan ini.

"Secepatnya nanti saya sampaikan ke Managemen dan nanti saya informasikan jawabannya," ujarnya.

Kegiatan aksi tersebut berjalan dengan baik dan patuhi aturan Protokol Kesehatan (Prokes) dengan turut di kawal oleh Polsek Batu Ceper dan Koramil 02 Batu Ceper.

Adapun PT. Jujur Kemasindo Persada bergerak dalam kemasan minyak goreng merk jujur yang berada di Batu Ceper, Kota Tangerang.

(Marlo) SS

Komentar