Pangkalan Utama TNI AL XII Dukung Gerakan Nasional Penanaman Sorgom Serentak Dalam Rangka Memperingati HUT Ke-77 TNI AL Tahun 2022

KALIMANTAN BARAT, SS- Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut XII ikut mendukung Gerakan Nasional Penanaman Sorgom dengan melaksanakan kegiatan Kick off Program Ketahanan Pangan dalam rangka Peringatan HUT ke-77 TNI Angkatan Laut tahun 2022, dengan mengusung Tema "Membangun Kejayaan Maritim Untuk Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat" yang dilaksanakan serentak di seluruh jajaran TNI AL di pimpin langsung oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono.(10/09/2022).

Kick off Gerakan Nasional Penanaman Sorgom bertempat di Kampung Parit Timur Desa Peniti Kecamatan Segedong Kabupaten Mempawah Kalbar diawali dengan mengikuti pembukaan kegiatan penanaman Sorgum Nasional tahun 2022 secara serentak di 77 titik oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut dari Kecamatan Cariu Kabupaten Bogor secara Vicon.
 
"Gerakan Nasional Penanaman Sorgum Tahun 2022, merupakan salah satu upaya kita dalam menindaklanjuti program ketahanan pangan Nasional, terutama untuk memenuhi ketersediaan pangan ketika terjadinya musim paceklik atau gagal panen padi. Dengan adanya kegiatan penanaman Sorgum, diharapkan dapat menstimulasi masyarakat Indonesia untuk turut serta mendukung program swasembada pangan," kata Wakasal.
 
Danlantamal XII Laksamana Pertama TNI Suharto, menyampaikan, "Penanaman sorgum Tahun 2022 terpusat di Bogor dipimpin oleh Wamentan dan Wakil Kepala Staf Angkatan Laut, sementara di Kalimantan Barat ini Lantamal XII beserta TNI Polri yang ada di Kalimantan Barat khususnya kita di wilayah kecamatan Jongkat kabupaten Mempawah bekerjasama dengan kelompok tani Prima Bestari Karya bersama  pemerintah daerah dalam hal ini Bupati, Camat, Kepala Desa, TNI Polri dan sebagainya untuk melaksanakan penanaman bersama," jelas Danlantamal.
 
"Pemilihan sorgum ini sebagai alternatif karena dinilai cocok untuk tumbuh di Kalimantan Barat terutama di Kabupaten Mempawah. Yang menjadi tantangan kita ke depan adalah bagaimana hasil olahan petani apabila ini berhasil karena bisa melaksanakan panen tiga sampai empat kali dalam tahun, sehingga kami dalam hal ini Lantamal XII nanti bekerja sama dengan kelompok tani di Kabupaten Mempawah ataupun di Kalimantan Barat untuk bagaimana nanti tindak lanjut setelah produksi kemudian pengolahan sampai pun juga penjual sehingga hasilnya bisa meningkatkan kesejahteraan kepada masyarakat," pungkas Laksma Suharto.
 
Kick off penanaman sorgom dimulai oleh Danlantamal XII bersama-sama dengan pejabat utama dan tamu yang hadir dalam acara tersebut dan dilanjutkan pemberian sembako kepada para kelompok petani Prima Bestari Karya.
 
Hadir dalam kegiatan tersebut Pejabat Utama dan Kadis Lantamal XII, Bupati Mempawah diwakili Asisten satu, Dandim diwakili Pasintel Kodim, Kapolres, Kadis Pertanian, Pangan dan Perikanan, Camat Jongkat, Danramil dan Kapolsek Jongkat.
 
(Dpl) SS

Komentar